Mengejutkan, Kecepatan Cahaya Berhasil Diperlambat melalui Cara Ini!

Pada dasarnya, kecepatan cahaya bisa saja diperlambat sedikit karena perjalanan melalui meterial seperti air atau kaca.

Baru-baru ini, para ilmuwan menerbitkan hasil analisis dalam jurnal Science Express edisi 23 Januari 2015. Para ilmuwan berasal dari University of Glasgow dan Heriot-Watt University, untuk pertama kalinya mereka membuktikan bagaimana studi ini berhasil memperlambat foton dalam ruang bebas. Para ilmuwan telah menunjukkan penerapan masker pada sinar optik, digunakan untuk memberikan foton pada ruang yang dapat mengurangi kecepatannya.

Percobaan ini dipimpin oleh Profesor Miles Padgett dari tim University of Glasgow's Optics Group, dan bekerja sama dengan Stephen Barnett, Daniele Faccio dari Heriot-Watt University.



Perlu diketahui bahwa cahaya konvensional dapat melakukan perjalanan sekitar 300 juta meter per detik dan hanya melambat sementara ketika melewati media seperti air atau kaca. Namun sekarang fisikawan telah mampu memperlambat perjalanan cahaya itu melalui udara.

Untuk mencapai hal ini tim melakukan sebuah tes dengan mengirimkan foton, yang merupakan partikel individu dari cahaya, melalui sebuah masker khusus, yang mana masker tersebut merupakan perangkat lunak yang mengontrol perangkat kristal cair. Masker itu ternyata dapat merubah bentuk foton dan menyebabkan cahaya bergerak memperlambat kurang dari kecepatan cahaya.

"Masker ini tampak sedikit seperti target sasaran," kata Prof Miles Padgett. "Dan masker itu membentuk pola-pola sinar, kami yakin pola tersebut adalah pola dari sinar yang diperlambat."

Efek perlambatan kecepatan cahaya akan berlaku untuk semua teori gelombang, sehingga perlambatan yang sama bisa juga diuji dalam gelombang suara.


Read more: 
http://penghuni60sains.blogspot.com/2015/02/kecepatan-cahaya-berhasil-diperlambat.html#ixzz3QmjPxaQv
http://www.isains.com/2015/01/pertama-kali-kecepatan-cahaya.html#ixzz3Qmlnp600
Suka artikel ini ?

About Setyo Nugroho

Admin Blog

Join This Site Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon

Silakan berkomentar dengan sopan