Busa Sabun Biasa Pun Efektif Membunuh Bakteri seperti halnya pada Sabun Antibakteri

Menurut hasil penelitian terbaru yang dilakukan oleh peneliti dari Korea Selatan menyatakan bahwa sabun biasa ternyata cukup efektif untuk membebaskan tangan Anda dari mikroorganisme sama seperti halnya sabun antibakteri. Hasil yang diperoleh ini merupakan studi pertama kalinya guna membandingan kemampuan kedua sabun dalam melawan 20 strain bakteri di laboratorium.



“Penelitian ini menunjukkan bahwa kandungan antiseptik dalam sabun (dalam hal ini triclosan) tidak menjamin bahwa sabun tersebut memiliki performa yang lebih tinggi dalam melawan mikroba dibandingkan dengan sabun biasa,” demikian tutur Min-Suk Rhee yang dikutip Sains dari laman Livescience.

Sekarang memang banyak perusahaan yang menambahkan triclosan pada berbagai macam produknya seperti sabun, pasta gigi, shampo, furniture, bahkan mainan dengan tujuan mencegah pertumbuhan dan kontaminasi bakteri. Sebagai informasi triclosan adalah senyawa yang bersifat sebagai antibakteri serta antijamur yang awanya dikembangkan sekitar tahun 1960an. Triclosan umumnya dipakai di sabun sebagai antiseptik.



Dua jenis sabun digunakan dalam penelitian ini yakni sabun biasa dan sabun antibakteri yang mengandung triclosan. Para peneliti melakukan tes terhadap kedua sabun guna membunuh 20 jenis bakteri diantaranya jenis Listeria, Salmonella, dan Staphylococcus.


Relawan terlebih dahulu tangannya di ekspos dengan bakteri selama kurang lebih 20 detik kemudian mereka disuruh mencuci tangannya dengan menggunakan sabun. Lamanya mencuci tangan adalah 20 detik seperti yang dianjurkan oleh FDA. Percobaan dilakukan dengan dua group yang menggunakan sabun biasa dan sabun antibakteri serta dalam dua kondisi temperatur yakni pada suhu ruangan dan yang lain pada suhu 40 derajat celcius.



Pada kedua eksperimen ternyata diperoleh hasil yang tidak berbeda jauh. Peneliti juga melakukan tes dengan menggunakan tangan relawan yang terbilang kotor, dan sekali lagi diperoleh bahwa baik dilaboratorium maupun dalam percobaan yang meniru kehidupan nyata ternyata sabun biasa juga memiliki efektifitas dalam membunuh bakteri seperti halnya sabun antibakteri.



Hasil ini mendorong para peniliti untuk melakukan studi lebih lanjut guna menentukan efektifitas triclosan yang terdapat dalam sabun. Seperti yang kita ketahui bahwa triclosan diisukan memiliki beberapa efek negatif pada kesehatan. Beberapa penelitian mengkaitkan triclosan dengan resistensi terhadap kuman, alergi, gangguan hormon, bahkan studi menggunakan tikus triclosan bisa menyebabkan kanker.



Pada tahun 2013 FDA mengeluarkan isu yang menanyakan kepada perusahaan pembuat sabun antibakteri untuk membuktikan bahwa produk mereka aman dipergunakan dalam jangka waktu yang panjang serta produk mereka lebih efektif daripada sabun biasa dalam melawan kuman.

COPAS from: http://sains.web.id/buang-sabun-antibakteri-anda-busa-sabun-biasa-pun-efektif-membunuh-bakteri/
Suka artikel ini ?

About Setyo Nugroho

Admin Blog

Join This Site Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon

Silakan berkomentar dengan sopan